Tag

Saya mewakili teman-teman para pecinta sepeda Inggris di Indonesia, karena sepertinya para pecinta dan pemilik sepeda Inggris kurang mendapat perhatian yang cukup. Wajar, itu karena sepeda keluaran Inggris yang ada di Indonesia berusia relatif muda. Mari kita melihat sepeda secara umum, baru kita persempit bila kita membandingkan dengan yang lain. Fanatisme pada suatu merk wajar, tapi mari kita hargai juga merk lain.

Saya selalu berfikir dan selalu berfikir dalam segala hal yang saya lihat, setiap saya melihat sesuatu baik itu suatu benda maupun kejadian saya mencoba berfikir dan mencoba mencari tahu. Tetapi bukan berarti saya lebih tahu dalam segala hal.

Dalam hal ini, kita fokus pada sebuah alat transportasi yang menurut saya paling sederhana, tentu bila dibandingkan sepeda motor, mobil, kereta api, kapal laut, pesawat dll. Tapi pertanyaannya, se-sederhana itukah sebuah sepeda? Ada banyak hal yang berperan dalam terbentuknya berbagai macam alat, sampai kemudian terbentuknya sebuah sepeda. Saya yakin, saya disini bukan untuk menjelaskan sejarah sepeda, menurut saya telah banyak pakar sepeda yang lebih dulu dan lebih paham dari saya mengenai sepeda.

Tapi yang membuat saya berfikir, se-sederhana itukah dalam memproduksi sebuah sepeda? Tidak perlu meneliti bagaimana mereka membuat dan menghitung frame yang diperlukan untuk memenuhi standar kebutuhan suatu sepeda.
Bagaimana mereka bisa terfikir dapat membuat pengunci setang, yang kita sebut Balhof/Ball head. Pada tahun 1899 pun BSA telah memproduksi Balhof pada sebuah BSA fittings.
Inti dari semua ini adalah.. semua sepeda itu terlihat sederhana, namun sulit dalam prosesnya.

Mari kita hargai sebuah sepeda tanpa memandang asal negaranya, tanpa membandingkan bahwa satu negara tertentu paling handal, palih mewah, paling canggih dll. Karena setiap sepeda punya nilai masing-masing, saya setuju bila terdapat perbedaan fanatisme terhadap suatu merk tertentu, sayapun begitu.
Tapi alangkah bijak bila kita menghargai sepeda sebagai benda bersejarah, bukan benda yang memisahkan berdasarkan status.

Salam sepeda tua..